Pages

Sabtu, 07 April 2018

PERENCANAAN WAKTU PROYEK KONSTRUKSI


MAKALAH PERENCANAAN
WAKTU PROYEK KONSTRUKSI REKLAMASI

DOSEN PENGAMPU:
RIYANNY PRATIWI,S.T.,M.T.

DIKERJAKAN OLEH KELOMPOK 1:
  1. ROMI SUSANTO                                          D1111151001
2. NASALUDIN                                                 D1111151003
3. FARID BUDIMAN                                         D1111151013
4. SITI FAJAR                                                    D1111151014
5. VENNY TIRTA YOWANDA                        D1111151015



PRODI TEKNIK KELAUTAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS TANJUNGPURA
2018



KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang Perencanaan Waktu Proyek Kontruksi.
Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat mengetahui kesalahannya. Akhir kata kami berharap semoga makalah Perencanaan Waktu Proyek Kontruksi ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi pembaca.

                                                              Pontianak,  April 2018
    
                                                                                             

    Penulis

                                                                                                                                     

BAB 1

PENDAHULUAN


Reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah luasan daratan untuk suatu aktivitas yang sesuai di wilayah tersebut dan juga dimanfaatkan untuk keperluan konservasi wilayah pantai. Reklamasi ini dilakukan bilamana suatu wilayah sudah tererosi atau terabrasi cukup parah sehingga perlu dikembalikan seperti kondisi semula, karena lahan tersebut mempunyai arti penting bagi negara.
Berdasarkan UU no.27 tahun 2007 Jo. UU no 1 tahun 2014, Reklamasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh Setiap Orang dalam rangka meningkatkan manfaat sumber daya lahan ditinjau dari sudut lingkungan dan sosial ekonomi dengan cara pengurugan, pengeringan lahan atau drainase.
Penjadwalan dalam pengertian proyek konstruksi merupakan perangkat untuk menentukan aktivitas yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu proyek dalam urutan serta kerangka waktu tertentu, dalam mana setiap aktivitas harus dilaksanakan agar proyek selesai tepat waktu dengan biaya yang ekonomis (Callahan, 1992). Penjadwalan meliputi tenaga kerja, material, peralatan, keuangan, dan waktu. Dengan penjadwalan yang tepat maka beberapa macam kerugian dapat dihindarkan seperti keterlambatan, pembengkakan biaya, dan perselisihan. Pada makalah ini akan dibahas secara spesifik tentang perencanaan waktu konstruksi pada kegiatan reklamasi.

Pada perencanaan waktu proyek konstruksi reklamasi memerlukan waktu yang tidak sedikit dari persiapan hingga tahap penyempurnaan serta memiliki bobot pengerjaannya masing-masing. Pekerjaan yang membutuhkan waktu terbesar ialah pada perencanaan inti atau detailnya.

Tujuan dari pembuatan makalah ini antara lain yaitu:
1.      Untuk mengetahui pembagian tahap pekerjaan.
2.      Untuk mengetahui secara detail pekerjaan yang dilakukan.
3.      Untuk mengetahui jangka waktu yang dibutuhkan dari masing-masing pekerjaan.

Pada makalah ini hanya membahas perencanaan waktu proyek konstruksi pada kegiatan reklamasi.



BAB 2

PEMBAHASAN


Pekerjaan reklamasi ini terbagi atas 4 uraian yaitu, pekerjaan persiapan, survey dan pengumpulan data, perencanaan detail, terakhir penyempurnaan. Berbagai uraian diatas memiliki bobot pengerjaan dan waktu pengerjaannya masing-masing.
Pekerjaan pertama ialah pekerjaan persiapan yang mana terbagi atas beberapa kegiatan yaitu, survey lokasi, perijinan lokasi sunthing yard di darat, penentuan lahan quarry, penyiapan lahan dan pembuatan prasarana, mobilitas peralatan, pemasangan rambu-rambu dan patok batas, pemasangan rambu-rambu di area quarry, dan pembersihan kawasan reklamasi. Bobot dari pekerjaan persiapan ini sebesar 14% dari seluruh kegiatan reklamasi dengan lama waktu pengerjaan 12 bulan atau 1 tahun.
Selanjutnya ialah pengerjaan servey dan pengumpulan data yang terbagi atas data angina, data gelombang, data pasang surut, data bathimetri, data tanah, data sedimen. Bobot dari pekerjaan persiapan ini sebesar 12% dari seluruh kegiatan reklamasi dengan lama waktu pengerjaan 8 bulan.
Setelah itu dilanjutkan pada pekerjaan inti yaitu perencanaan detail dari reklamasi yang ingin dibangun. Perencanaan detail ini terbagi atas pemasangan tanggul bawah, pekerjaan pengerukan, pengadaan sfok pilling area, pengadaan instrument soil monitoring, pekerjaan pegurugan reklamasi, pemasangan vertical drain, pemasangan tanggul atas, pemasangan settlement plate, pemasangan horizontal drain, reklamasi bagian atas, pekerjaan pemadatan dan perataan tanah, pemasangan berm, pemasangan secondary layer, pemasangan primary layer, pemasangan geotextile, perencanaan perbaikan tanah dasar, dan terakhir pengembangn lahan reklamasi. Karena ini pekerjaan inti jadi bobot perencanaan detail ini sangat besar yaitu 64% dengan waktu pengerjaan selama 3 tahun 8 bulan.
Terakhir yaitu pekerjaan penyempurnaan, pada penyempurnaan ini berbobot 10% dengan lama pengerjaan 6 bulan. Jadi, total dari pengerjaan nya ialah 66 bulan atau 5,5 tahun.

BAB 3

PENUTUP


Pada kegiatan reklamasi jangka waktu terbanyak dihabiskan pada kegiatan perencanaan detail yaitu memakan waktu selama 3 tahun 8 bulan dengan bobot sebesar 64%, dan yang memakan waktu paling sedikit yaitu pada perencanaan penyempurnaan yaitu selama 6 bulan dengan bobot pekerjaan sebesar 10%, serta total waktu perencanaan dari tahap persiapan hingga penyempurnaan selama 5 tahun 6 bulan.

Pada makalah ini membahas waktu perencanaan pada kegiatan reklamasi, apabila pembaca ingin membuat perencanaan kegiatan konstruksi lainnya dapat disesuaikan dari uraian masing-masing pekerjaannya.
  



Time Schedule Pelaksanaan Reklamasi.




#www.untan.ac.id
#Riyanny Pratiwi, ST. MT

0 komentar:

Posting Komentar